Iklan atas

Cara Kembalikan Foto yang Terhapus di Smartphone Android

Cara Kembalikan Foto yang Terhapus di Smartphone Android


Cara Kembalikan Foto yang Terhapus di Smartphone Android - Untuk urusan mengambil foto, pada umumnya banyak yang menggunakan smartphone android sebagai perangkat andalannya. Karena kita ketahui jika smartphone android merupakan sebuah perangkat yang sering dibawa kemana-mana, kemudian untuk kemampuan kameranya juga sangat baik.

Jadi tak jarang smartphone android selain digunakan untuk mengambil gambar namaun juga sekaligus digunakan untuk menyimpan foto. Namun terkadang foto-foto tersebut terhapus di smartphone android entah disengaja atau tidak.

Jika poto yang banyak menyimpan kenangan tentu bisa saja membuat kita frustasi, maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa cara kembalikan foto yang terhapus di smartphone android

Cara Kembalikan Foto yang Terhapus di Smartphone Android


1. Mengembalikan Foto yang Terhapus dari Layanan Cloud

Bagi kalian pengguna smartphone android alangkah baiknya agar selalu mencadangkan foto di layanan cloud seperti mulai dari Dropbox, Google Photos, atau OneDrive.

Walaupun biasanya pengguna menghapus beberapa foto yang ada di cloud, namun ingin setelah menghapus pikiran pun berubah ingin membatalkan poto yang di hapus tadi, kalian jangan khawatir karena layanan cloud memberikan pilihan untuk mengembalikan data atau foto tersebut.

Semua foto yang dihapus di semua layanan cloud sebenarnya tidak langsung terhapus tetapi masih masuk ke dalam kotak sampah atau trash. Maka dari itu, kalian bisa mengembalikan foto yang terhapus tersebut dengan melalui menu tersebut.



2. Memulihkan Foto yang Terhapus dari Micro SD

Para pengguna smartphone android biasanya paling sering menggunakan memori eksternal atau MicroSD untuk menyimpan foto.

Jadi jika kalian ingin mengembalikan foto yang terhapus di MicroSD kalian di haruskan untuk menyiapkan pihak ketiga berupa software yang dapat digunakan sebagai pemulihan data.  Kemudian kalian gunakan komputer atau laptop untuk kembalikan data yang terhapus.

Jika kalian sudah memenuhi keduanya, maka kalian bisa langsung segera memulihkan data kalian yang terhapus. Dengan catatan kalau foto kalian terenksripsi atau sudah di timpa oleh data lain maka proses kembalikan data atau foto kalian akan sulit dilakukan.



3. Foto Tersimpan di Memori Interal Smartphone

Jika kalian menggunakan memori internal smartphone android kalian untuk menyimpan foto, kemudian ada foto yang terapus dan kalian ingin mengembalikannya ini benar-benar sangat sulit dilakukan, kalaupun bisa mungkin kalian bisa dengan cara melakukan root.

Namun memiliki resiko yang sangat besar jika kalian melakukan root sebab akan mengakibatkan semua data yang ada di perangkat kalian juga akan ikut terhapus. Kemudian foto yang terhapus tersebut akan semakin banyak tertimpa dengan data-data lain, maka foto kalian akan semakin sulit dan akan benar-benar hilang.

Walaupun bisa namun ada kemungkinan jika data foto yang tersimpan tersebut corrupt dan tidak bisa dipulihkan lagi.

Jadi saya sarankan agar kalian mengambil langkah antisipasi sebelum hal ini terjadi, maka sebaiknya kalian menyimpan foto di layanan cloud atau memori eksternal saja.

Mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Kembalikan Foto yang Terhapus di Smartphone Android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel